Minggu, 06 Agustus 2017

Cara Cepat Sembuhkan Batuk Pada Anak

Cara Cepat Sembuhkan Batuk Pada Anak Secara Alami


Batuk dianggap sebagai penyakit yang ringan karena setiap waktunya banyak orang yang sering mengalaminya, namun tak bisa dipungkiri jika batuk melanda akan sangat menganggu. Apalagi jika batuk dialami oleh anak-anak, pasti para orang tua akan merasa sangat cemas karena dengan batuk biasanya akan mempengaruhi sistem pernafasan yang terganggu  pada anak. Ketika hal ini terjadi para orang tua akan spontan memberikan obat batuk pada anak dengan tujuan agar pola sistem pernafasan pada anak akan normal kembali. Namun sebenarnya Jika hal ini terjadi, kita sebagai orang tua harus lebih berhati-hati karena jika salah memberikan obat akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak, jika batuk ringan lebih baik alami agar memilih cara cepat sembuhkan batuk pada anak secara alami aman karena tanpa memberikan efek samping pada anak. Untuk mengetahui lebih jelasnya tetap stay dan simak beberapa penjelasan yang akan saya bagi kepada mom’s pintar.

Apa sih sebenarnya batuk itu?

Batuk sendiri merupakan respons alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan saluran nafas jika terdapat gangguan dari luar. Respons ini bertujuan untuk membersihkan lendir atau faktor penyebab iritasi atau bahan iritan (seperti debu atau asap) agar keluar dari paru-paru kita.
Batuk pada anak merupakan mekanisme pertahanan tubuh yang melindungi tubuh anak dengan cara membuang lendir, zat-zat yang menjadi penyebab iritasi dan juga infeksi dari saluran pernafasan. Jika tidak dibatukkan akan membuat partikel-partikel berbahaya tersebut akan masuk ke saluran pernafasan  yang lebih dalam sehingga dampaknya akan lebih berbahaya.Batuk pada anak-anak bisa mengalami batuk beberapa kali sehari atau batuk yang hilang timbul berlangsung hingga beberapa minggu jika ternyata yang menyebabkannya adalah infeksi virus dan ini bisa sembuh sendiri. Namun, apabila batuk berlangsung lebih dari dua sampai tiga minggu, maka bisa jadi penyebab batuk pada bayi tersebut adalah infeksi bakteri yang lebih berbahaya, dan pada kondisi ini Anda harus meminta bantuan dokter dalam menanganinya.

Kenali Jenis-jenis Batuk pada anak

Cara Cepat Sembuhkan Batuk Pada Anak

Sebagai orang tua kita harus bisa mengenali batuk yang dialami oleh anak agar kita lebih mudah dalam memberikan penanganan yang tepat bagi anak. Batuk sendiri dibedakan menjadi batuk berdahak dan batuk kering.

  1. Batuk berdahak lebih dikenal dengan istilah batuk produktif sebab batuk ini disertai dengan meningkatnya produksi lendir atau dahak di tenggorokan.
  2. Batuk kering dikenal dengan istilah batuk nonproduktif karena batuk ini tidak disertai dengan dahak.Tanda-tanda awal batuk kering biasanya adalah rasa gatal di tenggorokan yang kemudian memicu batuk

Penyebab Batuk

Penyebab utama terjadi batuk adalah akibat infeksi saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus. Di samping itu, ada beberapa penyebab batuk lain yang meliputi:

  • Asma : Adanya peradangan pada saluran paru-paru sehingga membuat saluran nafas menjadi sempit dan seringkali menimbulkan gejala mengi.
  • Penyakit Hidung dan Sinus : Adanya penyakit hidung dan sinus akan memiliki potensial drip dimana mengalirnya lendir atau ingus dari hidung ke tenggorokan sehingga timbulah batuk.
  • Infeksi Bakteri : Infeksi bakteri dapat menginfeksi saluran nafas bagian bawah yang dapat memicu iritasi dan timbul batuk, anak akan mengalami batuk berdahak yang tak kunjung sembuh.
  • Inhalasi Benda Asing : Dari mainan dan makanan anak bisa terhirup oleh anak sehingga akan menyebabkan batuk yang dapat berlangsung lama, dalam hitungan minggu bahkan hingga berbulan-bulan.
  • Zat Irritant : Akibat paparan asap tembakau dan polutan lainnya (asap dapur, asap kebakaran, polusi udara dari knalpot kendaraan) dapat menyebabkan batuk dan juga dapat memperparah batuk yang diakibatkan asma atau rhinitis

Penyebab Batuk pada Anak

Batuk pada bayi dan anak-anak disebabkan oleh faktor-faktor yang sama dengan batuk pada orang dewasa, antara lain infeksi saluran pernafasan, asma dan GERD. Jika batuk tak kunjung sembuh hingga berkepanjangan, bisa menjadi pertanda adanya infeksi saluran pernafasan yang lebih serius. Segeralah konsultasikan ke dokter jika anak anda mengalami batuk yang tak kunjung reda, sehingga pengobatan dapat segera dilakukan.
Waspadai gejala batuk rejan juga sangat penting, terutama pada anak-anak dan bayi. Gejala batuk rejan meliputi:

  • Suara lengkingan setiap tarikan nafas setelah batuk
  • Batuk bertubi-tubi terus menerus dengan mengeluarkan dahak kental
  • Kelelahan, wajah tampak memerah karena batuk terus menerus.
  • Muntah.

Selain batuk rejan, batuk pada anak bisa disebabkan oleh bronkiolitis dan croup. Bronkiolitis merupakan infeksi saluran pernapasan bagian bawah pada bayi serta anak-anak di bawah usia dua tahun. Sedangkan croup adalah infeksi virus yang menyerang laring (kotak suara) atau trakea (batang tenggorokan) bayi dan anak-anak. Namun ada cara cepat sembuhkan batuk pada anak secara alami untuk menangani batuk pada anak.

Pengobatan Batuk pada anak

Jangan sampai salah dalam pengobatan batuk, apalagi batuk yang dialami oleh anak-anak karena dengan pengobatan yang salah akan lebih memperparah kondisi kesehatan si anak. Memang batuk ringan jarang membutuhkan langkah pengobatan yang serius karena dengan memberikan obat yang dapat meredam rasa gatal pada tenggorokan dan memberikan obat pengencer dahak batuk dapat segera teratasi. Namun jika batuk pada anak tak juga kunjung sembuh, keadaan tersebut bisa dikarenakan adanya infeksi saluran pernafasan yang lebih serius. Orang tua harus mengonsultasikan hal tersebut dengan dokter untuk mencari penanganan yang tepat dan cepat.

Segera konsultasikan kepada dokter jika batuk : 


  • Lebih dari tiga minggu akibat infeksi virus
  • Bertambah parah
  • Disertai keluarnya darah, kesulitan bernafas, sakit dada, penurunan berat badan tanpa ada alasan yang jelas, demam atau terjadi pembengkakan da muncul benjolan pada leher.

cara cepat sembuhkan batuk pada anak secara alami 

Selain pengobatan secara medis, ada cara cepat sembuhkan batuk pada anak secara alami yang bisa jadi reverensi para mom’s pintar jika si kecil mengalami batuk. Simak yuk mom’s agar si kecil cepat sembuh dari batuk

  • Jemur Dibawah Sinar Matahari : Dengan menjemur si kecil di bawah Sinar matahari pagi si kecil dapat mendapatkan asupan vitamin D alami sehingga akan membuat anak merasa lebih nyaman dan keluhan batuk berkurang.  Caranya dengan menjemur anak dengan cara di tengkurapkan dipangkuan kemudian pijat perlahan bagian punggung anak dengan perlahan. Dengan cara ini beberapa anak yang mengalami keluhan batuk bisa muntah dan mengeluarkan dahak dari mulut. Cara yang cukup mudah kan mom’s, namun perlu di ingat ya mom’s bahwa menjemur anak terlalu lama dibawah sinar matahari bisa membuat kerusakan pada kulit anak so jemurnya jangan terlalu lama ya mom’s, dikira-kira saja sesuai kapasitas si anak.
  • Menguap Bayi dengan Minyak Esensial : Jika cara pertama tadi masih belum cukup membuat anak merasa lebih baik, mom’s pintar bisa menguapkan bayi dengan minyak esensial. Caranya dengan meletakkan beberapa tetes minyak esensial di kamar mandi kemudian letakkan air panas didalam baskom atau di dalam ember. Uap air panas akan bercampur dengan uap minyak esensial, kemudian gendong anak dalam kamar mandi dan tutup pintunya.  Jangan panik jika anak terbatuk-batuk Karena dengan begitu akan membuat dahak keluar dan anak akan merasa lebih nyaman.
  • Pijat Bayi dengan Daun Kemangi :  Taukah jika aroma dan senyawa dalam daun kemangi ini merupakan cara cepat sembuhkan batuk pada anak secara alami karena akan meringankan keluhan batuk dan membantu mengeluarkan dahak?. Simak Caranya yuk mom’s yaitu dengan mencuci hingga bersih beberapa lembar daun kemangi yang baru dipetik, kemudian hancurkan menggunakan tangan dan pijatkan ke bagian dada dan punggung anak secara lembut setelah itu bersihkan bekas daun kemangi dengan handuk bersih. Oh ya jangan terlalu banyak memberikan daun kemangi ya mom’s karena akan memberikan efek panas pada anak.
  • Pijat Bayi dengan Bawang Merah : Ternyata kandungan senyawa kimia pada bawang merah bisa meringankan keluhan batuk dan dan dapat melegakan tenggorokan loh mom’s so sangat efektif untuk menangani batuk pada anak.Caranya hancurkan bawang merah yang sudah dicuci bersih mengguanakan parutan keju, tambahkan sedikit air hangat lalu pijatkan ke dada atau punggung anak setelah itu bersihkan dengan menggunakan lap atau handuk bersih. Coba yuk mom’s karena cara cepat sembuhkan batuk pada anak secara alami ini sudah banyak menjadi alternatif untuk sembuhkan batuk pada anak
  • Ibu Menyusui Makan Bawang Putih : cara cepat sembuhkan batuk pada anak secara alami  ini dengan cara Jika bayi anda batuk ada solusi tepat yaitu Ibu yang menyusui bisa mengonsumsi bawang putih mentah atupun dengan mengonsumsi sayuran yang menggunakan kaldu bawang putih karena bayi yang menyusu hanya dapat menerima asupan terbaik dari asi. Kandungan pada bawang putih bisa mengembangkan kekebalan tubuh yang baik pada bayi.
  • Pijat Bayi dengan Minyak Bawang Putih : Selain dikonsumsi mom’s pintar juga bisa membuat minyak bawang putih sendiri. Mom’s bisa sangrai bawang putih tanpa minyak hingga mengeluarkan aroma harum lalu angat dan hancurkan menggunakan tangan, minyak yang keluar dari bawang putih tersebut bisa mom’s gunakan untuk memijat dada atau punggung anak. cara ini cepat sembuhkan batuk pada anak secara alami

Setelah mencoba berbagai cara untuk mengobati batuk anak secara alami namun tak kunjung sembuh, Untuk mom’s pintar jangan lupa segera periksakan ke dokter agar anak dapat mendapatkan pertolongan yang tepat

Related Posts

Cara Cepat Sembuhkan Batuk Pada Anak
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.