Selasa, 11 Juli 2017

Ambeien dan Cara Ampuh Mengobatinya

Ambeien dan Cara Ampuh Mengobatinya

Ambeien dan Cara Ampuh Mengobatinya

Waspadai Tanda dan Gejala Ambeien

Dewasa ini Ambeien merupakan penyakit yang umum terjadi dan terkadang di anggap sepele. Meskipun banyak yang mengalami penyakit ini di bawah usia 50 tahun, namun pada umumnya Ambeien sendiri biasa terjadi pada usia 50 tahun. Pasien dengan gangguan ambeien biasanya baru akan  mencari pertolongan medis maupun non medis  ketika merasa nyeri hebat dan juga mengalami perdarahan lewat anus. Meskipun penyakit ini tidak langsung mengancam jiwa namun pasien dengan gangguan ambien akan merasa tidak nyaman dan khawatir dengan tanda dan gejala yang dialami. Jangan panik jika kalian mengalami keluhan yang sama, check it out yuk biar tahu bagaimana penanganan yang tepat untuk menangani ambeien biar tidak was-was lagi.

Kalau ditanya Apa itu ambeien? 

Baik di sini akan saya jelaskan apa yang menjadi pertanyaan kalaian. Ambeien atau dalam bahasa medisnya lebih dikenal dengan istilah hemoroid adalah pelebaran varises satu segmen/lebih pembuluh darah vena hemoroidalis (bacon) pada poros usus dan anus yang disebabkan karena otot dan pembuluh darah sekitar anus/dubur kurang elastis sehingga cairan terhambat dan membesar. Atau lebih mudahnya hemoroid merupakan vena-vena yang berdilatasi, membengkak di lapisan rektum. Hemoroid sendiri ada dua macam tipe yaitu Hemoroid interna dan juga Hemoroid interna. Kita bahas satu-satu ya biar lebih paham, tetap stay dan simak yuk

Hemoroid Interna

Yang pertama kita bahas adalah Hemoroid Interna yang merupakan Pelebaran plexus hemoroidalis superior. Diatas garis mukokutan dan ditutupi oleh mukosa di atas spingter ani. Hemoroid interna sendiri dikelompokkan menjadi 4 derajat yaitu:

  1. Derajat I : Umumnya derajat I masih ringan, ditandai dengan timbulnya perdarahan varises, prolaps dan tonjolan mukosa tidak melalui anus dan hanya bisa di temukan dengan protoskopi.
  2. Derajat II : Hemoroid menonjol melalui kanal analis pada saat mengejan ringan tetapi dapat masuk kembali secara dengan sendirinya tanpa harus dibantu dengan memasukan tonjolan dari hemoroid tersebut.
  3. Derajat III  : Derajat III ini Keadaan dimana varises yang keluar tidak dapat masuk lagi dengan sendirinya tetapi harus di dorong dengan jari.
  4. Derajat IV  :  Keadaan dimana varises yang keluar pada saat defekasi/ Buang air besar ini tidak dapat dimasukkan lagi. Biasanya pada derajat ini timbul trombus yang di ikuti infeksi sehingga keadaan semakin parah dan membutuhkan pertolongan medis segera agar tidak terjadi komplikasi lebih lanjut.

Hemoroid Eksterna

Selanjutnya adalah Hemoroid eksterna, tipe hemoroid ini jarang sekali bediri sendiri, biasanya perluasan dari hemoroid interna. Tapi hemoroid eksterna dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu:

  1. Akut  : Pembengkakan bulat kebiruan pada pinggir anus dan sebenarnya hematom. Dengan tanda gejalayang sering timbul adalah rasa sakit , nyeri, dan rasa gatal pada daerah hemorid karena ujung” saraf pada kulit adalah reseptor rasa sakit.
  2. Kronik  : Hemoroid eksterna kronik atau “Skin Tag” terdiri atas satu lipatan atau lebih dari kulit anus yang berupa jaringan penyambung dan sedikit pembuluh darah.

Apa Tanda dan gejala Ambeien?


  • Rasa gatal di dubur
  • Nyeri
  • Sering perdarahan berwarna merah terang pada saat buang air besar.
  • Hemoroid eksternal memiliki ciri nyeri hebat karena adanya inflamasi dan edema/bengkak yang disebabkan oleh thrombosis. Thrombosis sendiri merupakan pembekuan darah dalam hemoroid. Ini dapat menimbulkan iskemia pada area tersebut dan nekrosis.
  • Hemoroid internal tidak selalu menimbulkan nyeri sampai hemoroid ini membesar dan menimbulkan perdarahan atau prolaps. (Smeltzer, 2002)

Apa penyebab Ambeien?


  • Faktor mengejan
  • Pola buang air besar yang salah (lebih banyak memakai jamban duduk, terlalu lama duduk di jamban, peningkatan tekanan intra abdomen)
  • Adanya tumor (tumor usus,tumor abdomen)
  • kehamilan (disebabkan tekanan janin pada abdomen dan perubahan hormonal),
  • faktor usia tua
  • konstipasi kronik
  • diare kronik atau diare akut yang berlebihan
  • hubungan seks anal
  • kurang minum air dan kurang makan-makanan berserat (sayur dan buah),
  • kurang olahraga/imobilisas
  • Makanan pedas dan asam juga dapat memperparah hemoroid

Komplikasi dari Ambeien


  • Luka dengan rasa sakit yang hebat sehingga pasien takut mengejan dan juga takut buaing air besar sehingga mengakibatkan tinja makin keras dan makin memperberat luka pada anus.
  • Infeksi pada daerah luka sampai terjadi nanah dan fistula (saluran tak normal) dari selaput lendir usus /anus.
  • Perdarahan akibat luka, bahkan sampai terjadi anemia.
  • Jepitan, benjolan keluar dari anus dan terjepit oleh otot lingkar dubur sehingga tidak bisa masuk lagi. Sehingga, tonjolan menjadi merah, makin sakit, dan besar. Dan jika tidak cepat-cepat ditangani dapat busuk.(Dermawan, 2010)

Lalu bagaimana cara penanganan dan mengobati Ambeien?

Secara Medis pengobatan ambeien yaitu dengan :

  • Farmakologis : Untuk melunakkan feces/psilium yang dapat mengurangi sembelit diberikan obat golongan laksansia. Untuk mengurangi/menghilangkan rasa sakit pada daerah anus digunakan analgetik atau golongan suposituria untuk hemoroid interna. Untuk menghentikan perdarahan diberikan anti koagulan.
  • Non Farmakologis  :  Perbaikan pola hidup dengan menyarankan perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat yang dapat melunakkan feces. Mengurangi makanan yang terlalu pedas atau asam dan beralkohol. Perbaiki pola buang air besar mengganti closet jongkok menjadi duduk dan Menjaga kebersihan lokal daerah anal misalnya dengan merendam anus disarankan untuk tidak terlalu banyak duduk/tidur lelah banyak berjalan.


Related Posts

Ambeien dan Cara Ampuh Mengobatinya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.