Selasa, 18 Juli 2017

Migrain dan Cara Mengobatinya

Migrain dan Cara Mengobatinya

migrain dan cara mengobatinya

Saat mengalami Migrain atau sakit kepala sebelah penderita akan sangat merasa ketidaknyamanan karena rasa nyeri/pusing yang amat sangat mengganggu dan menghambat aktivitas. Memang dewasa ini sakit kepala yang sering dikeluhkan adalah sakit kepala sebelah. Dan Pasti penderita Migrain akan spontan memutuskan untuk meminum obat dengan atau tidak menggunakan resep dokter. Padahal kita tidak boleh dengan mudah meminum obat tanpa tau aturan dosis yang tepat untuk kita konsumsi sebagai pereda Migrain yang kita alami.

Apa sih sebenarnya Migrain itu?

Migrain/sakit kepala sebelah sendiri merupakan nyeri kepala berdenyut yang kerap kali disertai mual muntah yang rasa sakitnya disebabkan oleh pembesaran pembuluh daraah yang berada didalam kepala. Penderita Migrain sendiri biasanya sangat sensitif terhadap cahaya, suara, dan juga bau-bauan.

Faktor Penyebab Migrain

Penyebab migrain sebenarnya masih belum diketahui secara pasti, namun beberapa faktor berikut diduga berperan menjadi penyebabnya

  1. Faktor Hormonal : Adanya perubahan hormonal saat wanita menstruasi juga memicu wanita merasakan migrain.
  2. Berat Badan : Berat badan berlebih bisa menjadi faktor resiko terkena serangan migrain yang lebih sering.
  3. Faktor Gen : Sebagian besar seseorang yang sering mengalami migrain memiliki keluarga yang juga mengalami migrain.
  4. Makanan dan Minuman : Konsumsi makanan ternyata juga bisa menjadi pemicu terjadinya serangan migrain, diantaranya adalah MSG, kafein, coklat, keju dan masih banyak yang lainnya.
  5. Faktor stres : Pola fikir yang tegang ataupun stres juga dapat menjadi pemicu timbulnya migrain.
  6. Kelelahan : Jika kita merasakan kelelahan, kadang kala akan timbul migrain

Tanda dan Gejala Migrain apa saja?


  1. Aura : Beberapa orang dengan aura mengalami aura biasanya dapat mengalami migrain. Aura yang paling umum adalah visual, seperti lampu berkedip, noda atau garis. Aura biasanya berlangsung selama 5 menit hingga satu jam, dengn fase lompatan selama 1 jam sebelum migrain terjadi. Namun beberapa orang dengan aura tertentu tidak mengalami migrain.
  2. Depresi, Lekas marah, atau kegembiraan yang berlebihan : Seseorang yang mengalami gangguan perubahan mood yang terjadi tanpa penyebab tertentu biasanya merupakan suatu gejala dari migrain, kenapa demikian? Hal ini biasanya terjadi dari faktor genetik, biasanya seseorang merasa tertekan tanpa alasan sehingga menjadai down dan seketika mengalami depresi akhirnya rasa sakit kepala sebelah yang hebat melanda.
  3. Kurang Istirahat : Benar sekali jika dikaitkan dengan istirahat, sebagian besar dari gangguan kesehatan tubuh mempengaruhi pola istirahat yang kurang maksimal/tidak tercukupi. Begitupun dengan gangguan sakit kepala sebelah ini yang ternyata ada hubungannya antara kurang tidur nyenyak/kurang istirahat ini dipengaruhi oleh intensitas terjadinya serangan migrain.
  4. Hidung tersumbat dan mata berair : Sebagian orang yang mengalami gangguan migrain biasanya memiliki gejala pada sinus/hidung seperti hidung tersumbat atau bahkan seseorang dengan gejala migrain ini mengalami mata berair. Sebuah penelitian juga ada yang menemukan bahwa diantara orang-orang yang mengalami keluhan pada sinus sebagian besar adalah seseorang yang memiliki gangguan migrain.
  5. Nyeri berdenyut pada satu atau kedua sisi kepala : Nyeri berdenyut tersebut sering dirasakan pada satu sisi kepala. Gejala yang satu ini merupakan tanda klasik dari gangguan migrain.
  6. Nyeri pada mata : Gangguan migrain ini rasa nyerinya tak hanya pada kepala namun juga menjalar hingga pada bagian belakang mata.
  7. Nyeri Leher : Banyak dari seseorang mengatakan bahwa merasakan leher terasa kaku dan nyeri lalu baru kemudian merasakan sakit kepala. Hal tersebut merupakan tahap awal dari gejala migrain.
  8. Sering Buang Air Kecil : Tanda-tanda sering buang air kecil ini disebut dengan fase prodome dari migrain, gejala ini dapat terjadi sekitar satu jam atau paling lama 2 hari sebelum mulai terjadi migrain.
  9. Mual atau muntah : Biasanya orang yang mengalami gejala mual muntah ini biasanya merupakan penderita dengan gangguan migrain berat.
  10. Mati Rasa atau kesemutan : Beberapa orang dengan gangguan migrain biasanya memiliki aura sensorik,dimana mereka akan mengalami sensasi mati rasa atau kesemutan yang biasanya terjadi pada satu sisi tubuh dan bergerak dari ujung jari melalui lengan dan wajahnya.
  11. Kesulitan Berbicara : Tidak hanya gejala stroke saja yang memiliki gejala kesulitan berbicara, namun salah satu yang mungkin terjadi saat mengalami migrain dapat juga ditandai dengan kesulitan berbicara. Untuk memastikan apa penyebab kesulitan berbicara, segera periksakan pada dokter agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.
  12. Vertigo atau penglihatan ganda : Beberapa orang yang mengalami migrain ada yang mengalami gangguan penglihatan seperti penglihatan ganda bahkan kehilanagan penglihatan dan juga mengalami gejala seperti berputar-putar/vertigo

Bagaimana Langkah awal untuk mengurangi resiko kekambuhan Migrain? 


  1. Jalani hidup sehat dengan tidur cukup dan teratur, olahraga teratur, pola makan yang sehat, hindari minuman keras dan juga cafein.
  2. Hindari faktor penyebab migrain seperti menghindari berbagai makanan pemicu migrain, hindari stres.
  3. Hindari konsumsi obat-obatan tertentu, seperti pada wanita yang mengidap migrain untuk tidak mengonsumsi obat-obatan yang mengandung hormon estrogen, seperti pil KB

Bagaimana Cara yang tepat mengatasi Migrain?


  1. Cara mengatasi migrain dengan teh jahe hangat
  2. Hidroterapi
  3. Makanan yang kaya magnesium
  4. Menjaga kadar gula darah
  5. Akupuntur
  6. Konsumsi banyak air putih
  7. Aromaterapi
  8. Pijat pelipis
  9. Istirahat di ruang gelap
  10. Kompres kepala dengan es
  11. Makan makaan asin
  12. Obat-obatan seperti aspirin, ibuprofen, paracetamol dll

Jangan malu untuk periksa kedokter jika tanda dan gejala tak kunjung reda. Keep your health yaah healthy lover’s

Related Posts

Migrain dan Cara Mengobatinya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.