Rabu, 12 Juli 2017

Kolesterol dan Obat Ampuhnya

Waspadai Penyebab Kolesterol Tinggi

Siapa sih yang tidak merasa cemas dan khawatir jika mengetahui kadar kolesterol dalam darah tinggi. Saat ini banyak khalayak umum yang jeli dengan hal kesehatan, khususnya jika mengetahui kadar kolesterol dalam darahnya tinggi maka akan secara spontan lebih waspada dengan asupan makanan setiap harinya dan tak jarang juga konsumsi obat penurun kadar kolesterol dalam darah. Mereka pasti akan mencari tahu apa penyebab yang menjadikan kadar kolesterol dalam darah tinggi. Untuk mendapatkan informasi lebih jelas dan tepat yuk simak sampai tuntas.

Apa sih sebenarnya kolesterol itu ? 

Kelesterol sendiri merupakan zat bewarna putih yang dapat ditemukan disetiap sel tubuh, karena merupakan komponen dari lemak yang diproduksi dihati. Sebenarnya kolesterol juga memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh kita  yaitu untuk membangun dinding sel,  Memperkuat membran sel, dan membuat hormon-hormon steroid, misalnya progesterone dan estrogen pada wanita, testoteron pada pria, corticosteroid dan lain-lain. Namun, kebutuhan kolesterol dalam tubuh sebenarnya sudah tercukupi pada lemak yang di produksi oleh hati, namun jika mengkonsumsi makanan lemak jenuh berkadar tinggi maka hati akan memproduksi kolesterol lebih banyak lagi sehingga menyebabakan kolestrol yang melebihi dari kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh. Kolesterol yang lebih dan tidak digunakan sesuai dengan fungsinya tersebut akan bercampur dengan darah, dimana disebut dengan lemak darah. Lemak dalam darah inilah yang sebenarnya sedang kita cari tahu jawabannya. Kadar kolestrol yang berlebihan dalam darah akan menimbulkan endapan-endapan lemak yang menempel dalam pembuluh darah, membentuk bekuan dan plak yang akan menyumbat arteri dan akhirnya memutuskan aliran darah ke jantung, yang dapat menyebabkan serangan jantung dan bahkan menyumbat peredaran darah menuju otak (aterosklerosis), yang akan memicu terjadinya penyakit stroke.
Pada umumnya kadar kolesterol dalam darah tinggi dipengaruhi oleh beberapa jenis makanan, Untuk menghindari penyakit kolesterol maka kita perlu mengetahui dan memerhatikan makanan apa saja yang mengandung kolestererol tinggi agar kesehatan selalu terjaga dan peredaran darah menjadi normal dan tidak terjadi sumbatan pada aliran darah kita. So check it out yuk

Daftar makanan berkolestrol tinggi :

Berikut ini adalah daftar makanan yang mengandung kolesterol :
daftar makanan kolesterol tinggi


Setelah mengetahui jenis makanan yang dapat memicu tingginya kadar kolesterol dalam darah, kini saatnya kita cari tahu makanan dan buah yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Tetap stay dan simak ya.  Memang secara global makanan dan buah-buahan ini mampu menurunkan LDL yang merupakan kolesterol  jahat dalam tubuh manusia dan sebaliknya bisa meningkatkan HDL yang merupakan kolesterol baik bagi tubuh sehingga akan membantu menstabilkan kadar kolesterol dalam darah.

Makanan Penurun Kolesterol dan Buah Penurun Kolesterol


  1. Bawang Putih : Mungkin sebelumnya kita tidak pernah menyangka bahwa resep makanan yang banyak mengandung bawang putih sangat berguna untuk penurun LDL dan sangat cocok untuk makanan penurun kolesterol. Tentu saja tidak dikombinasikan dengan minyak jenuh dan santan yang berkebalikan manfaatnya. Gunakan minyak tak jenuh yang sudah banyak beredar di pasaran. Manfaat lain dari bawang adalah sebagai peningkat stamina, mencegah pembekuan darah, melindungi tubuh dari infeksi dan menurunkan tekanan darah.
  2. Ikan Salmon : Sebagian dari kita mungkin beranggapan bahwa semua jenis ikan merupakan sumber kolesterol, namun persepsi tersebutkurang tepat. ikan salmon justru bisa sebagai makanan penurun kolesterol. Kadang lemak baik bagi tubuh, tapi sedikit saja kita memakan makanan berlemak, ada bagian lemak tersebut yang menutup pembuluh darah arteri kita. Sebaliknya dengan memakan Ikan salmon yang  mengandung omega-3 maka akan menurunkan debaran jantung, mencegah atau menurunkan tingkat pelebaran pembuluh darah arteri, meningkatkan HDL, dan sebagai pencegah kolesterol terpecah dan menjadi sumbatan di arteri. Manfaat yang sama juga bisa anda temukan pada ikan mackerel, tuna, sarden.
  3. Kacang-kacangan  : Kacang merah, buncis, kacang panjang dan jenis kacang-kacangan juga bisa digunakan sebagai makanan penurun kolesterol sebanyak 10%  bila kita konsumsi secara tertib selama kurang dari 2 bulan. Jenis kacang kenari, mede, dan almon juga rendah lemak yang juga bermanfaat bagi kesehatan jantung. Namun jenis kacang tersebut mengandung banyak protein. Sehingga kita harus memakan dalam jumlah yang seseuai kebutuhan agar mendapatkan manfaatnya secara seimbang.
  4. Bayam  :  kandungan lutein dalam bayam mampu menurunkan kadar kolesterol dalam pembuluh darah. Memakan bayam setiap hari bisa menetralkan makanan berkolesterol yang kita makan.
  5. Kacang Kedelai : Kandungan Isoflavon dalam makanan berbahan baku kedelai bisa digunakan sebagai makanan penurun kolesterol bila dimasak dengan benar. Tidak dicampur santan dan tidak digoreng adalah cara yang bagus untuk memaksimalkan manfaat kacang kedelai.
  6. Teh  :  Teh juga banyak mengandung antioksidan yang digunakan sebagai minuman penurun kadar kolesterol. Biasakan minum teh setiap hari untuk menurunkan kolesterol yang menumpuk di tubuh anda.
  7. Cokelat :  cokelat hitam lebih recommended dibandingkan coklat putih yang tidak mengandung manfaat sebagai makanan penurun kolesterol,  karena Cokelat hitam mengandung antioksidan dan flavanoid. Jangan mencampur cokelat dengan susu,  karena anda tidak akan mendapat manfaat dari kombinasi tersebut.

Buah Penurun Kolesterol


  1. Anggur :  Anggur mengandung zat cat catechin yang sangat baik sebagai penurun kolesterol
  2. Apel : Apel mengandung antioksidan yang tinggi dan kaya akan vitamin C. Makan apel beserta kulit yang mengandung pectin (serat larut) dalam buah untuk menurunkan kolesterol
  3. Blueberry  :  Blueberry mengandung pterostilbene yang sama fungsinya seperti antioksidan.
  4. Alpukat : Alpukat yang merupakan sumber lemak tak jenuh ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  5. Jeruk Nipis / Lemon : Mengandung vitamin C dan kaya akan flavonoid, antioksidan yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol, khususnya kolesterol jahat LDL dan membantu mencegah kerusakan akibat kolesterol LDL tetapi juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular
  6. Jambu Merah
  7. Delima
  8. Mangga
  9. Tomat
  10. Zaitun

Yang perlu di garis bawahi adalah tidak semua lemak itu tidak baik. Lemak makanan yang perlu dihindari dan di pantang adalah sebagian besar lemak jenuh dari hewan dan lemak jenuh nabati.

Related Posts

Kolesterol dan Obat Ampuhnya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.