Minggu, 30 Juli 2017

Cara Cepat Hilangkan Kutil

Cara Cepat Hilangkan Kutil

Cara Cepat Hilangkan dan Mengobati kutil

Kalau denger kata kutil, yang kita bayangin pasti benjolan kecil yang pengennya kita cabut  aja. Atau kalau bisa kita iris biar ga ngeganggu penampilan hehe. Yups, kini yang sedang kita bahas adalah si mungil yang bagi yang ngalaminnya gemes pengen cepet-cepet dihilangkan.Lalu apa sih sebenernya kutil itu? Tetep stay dan simak penjelasan berikut yaa biar lebih paham sama si mungil satu ini.

Apa Itu Kutil

Kutil adalah pertumbuhan kulit yang muncul ketika lapisan paling atas kulit terinfeksi oleh human papillomavirus atau yang lebih dikenal dengan sebutan HPV. Virus ini  menyerang lapisan kulit sehingga membuat produksi keratin atau protein keras menjadi meningkat pesat sehingga melebihi jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Kelebihan keratin  inilah yang nantinya akan menumpuk di bagian atas kulit sehingga membentuk tekstur  baru yang disebut dengan kutil. Kutil sendiri merupakan benjolan kecil bertekstur kasar yang muncul di atas permukaan kulit. Virus ini dapat masuk ke dalam tubuh melalui kulit yang rusak seperti sayatan, luka, atau goresan. Kondisi ini dapat menyebar melalui kontak kulit dan berbagi barang pribadi seperti handuk, saputangan, dan pisau cukur, diantara individu lain yang memiliki kutil. Hmm ngeri ya? Yuk jaga pola hidup sehat dan lebih hati-hati dalam penggunaan barang pribadi biar gak mudah tertular virus HPV.
Lalu jika ditanya apa kutil ini penyakit menular? Yang bikin nular sih sebenernya Virus penyebab kutil, bahkan dapat menular dengan mudah. Penularan dari kutil ini dapat terjadi apabila seseorang bersentuhan langsung dengan kulit penderita kutil atau benda yang terkontaminasi virus HPV. Sebenarnya tidak semua orang yang bersentuhan dengan virus HPV langsung akan menyebabkan gejala kutil atau tumbuh kutil pada bagian tubuh mereka. Hal ini memang sangat dipengaruhi oleh sistem imunitas tubuh masing-masing orang. Oleh karena itu, seseorang yang sistem  imunitas tubuhnya bermasalah, seperti penderita HIV/AIDS atau yang baru saja melakukan transplantasi organ, akan sangat rentan untuk terkena penyakit ini.Selain orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh rendah, anak-anak dan remaja juga lebih rentan terkena kutil.

Macam Jenis Kutil

Ternyata kutil juga ada beberapa macam loh, ini beberapa ulasan tentang Macam-macam kutil.

  1. Kutil umum : Yang pertama kita bahas  ialah kutil umum yaitu jenis  kutil yang paling umum yang biasanya tumbuh di bagian tangan
  2. Kutil filiform – kutil yang satu  ini tumbuh di sekitar mulut, hidung, dan daerah jenggot
  3. Kutil plantar – jenis kutil  yang  tumbuh pada telapak kaki
  4. Kutil kelamin – jenis kutil yang lebih serius yang mempengaruhi bagian-bagian sensitif dari tubuh yaitu kutil kelamin, seseorang cenderung khawatir jika memiliki kutil jenis ini karena tumbuhnya kutil berada pada organ yang sangat sensitif
  5. Kutil periungual – kutil yang tumbuhnys  di bawah atau di daerah sekitar kuku tangan maupun kaki.
  6. Kutil datar – kutil ini tampak lebih kecil dan datar, kutil yang tumbuh di wajah, kaki, dan juga lengan

Cara Mengenali Kutil?

Untuk mengenali kutil, kita harus lebih jeli karena Kutil tidak  hanya terbentuk pada bagian luar kulit segera setelah terinfeksi HPV. Kebanyakan kutil tumbuh diam-diam di bawah kulit kita selama beberapa tahun sebelum terlihat kasat mata. Kutil juga tumbuh dalam berbagai bentuk dan ukuran, dengan beberapa muncul seperti benjolan besar dan beberapa datar dan kurang terlihat. Berikut adalah beberapa tanda-tanda bahwa benjolan atau pertumbuhan kulit berupa kutil:

  • Kutil merupakan bagian dari persediaan darah jadi pembuluh darah sangat kecil biasanya tumbuh didalam intinya. Pada kutil yang lebih besar, mungkin lebih sedikit terlihat dan mungkin tampak seperti titik-titik gelap di tengah.
  • Kutil tumbuh di atas garis dan lipatan kulit tidak seperti skin tag (fibroepitelial polip – kulit berlebih akibat gesekan) dan tahi lalat

Meskipun kutil pada umumnya tidak sakit, ketika kutil tumbuh di bagian tubuh yang biasanya menerima tekanan, seperti telapak kaki, dapat menyebabkan rasa sakit.

Cara Cepat Hilangkan dan Mengobati kutil

Cara cepat hilangkan kutil, Yuk simak gimana cara untuk lebih jelasnya

  1. Menggunakan Asam Salisilat : Cara cepat hilangkan kutil  yang pertama dengan Asam salisilat merupakan  produk yang sudah dikenal sebagai penghilang kutil yang dijual bebas di toko obat maupun  diapotik. Umumnya asam salisilat tersedia dalam bentuk larutan topikal dan koyok. Untuk menghilangkan kutil di area tangan, cari produk yang mengandung 17% asam salisilat ya gaes. Rendam area yang ditumbuhi kutil dalam air hangat selama 10-20 menit sebelum menggunakan produk ini. Kalian bisa menggunakan produk ini setiap hari selama beberapa minggu sampai kutil berubah jadi kulit mati. Kalian bisa menggosok dengan menggunakan kikir kuku atau batu apung untuk melepaskannya. Sebaiknya kalian berhati-hati saat menggunakan asam salisilat, karena dapat menyebabkan kulit rusak dan iritasi pada kulit di sekitar kutil atau pada kulit yang sehat. Konsultasikan dengan dokter apabila Anda sedang hamil, sebelum mencoba cara ini.
  2. Krioterapi : Cara cepat hilangkan kutil Ini adalah dengan prosedur di mana kutil harus dibekukan terlebih dahulu sebelum akhirnya dihilangkan.
  3. Electrosurgery  : Cara cepat hilangkan kutil berikutnya adalah dengan electrosurgey, cara ini dengan proses pembakaran kutil dengan menggunakan arus listrik.
  4. Kuret : Cara hilangkan kutil berikutnya  sering digunakan bersama-sama dengan elektro atau krioterapi, karena kutil sering harus dipotong setelah dibekukan atau dibakar. Tindakan ini hanya boleh dilakukan oleh seorang tenaga kesehatan ahli.
  5. Bedah Laser :  Ini adalah pembedahan kecil yang menggunakan sinar laser untuk menghilangkan kutil.
  6. Terapi Selotip : Cara hilangkan kutil dengan terapi solatip ini sudah dilakukan beberapa kali penelitian dilakukan sehubungan dengan efektifitas selotip dalam menghilangkan kutil. Beberapa melaporkan bahwa jenis selotip berwarna abu-abu atau lakban bekerja lebih efektif. Sedangkan jenis selotip biasa yang bening tidak bisa menghilangkan kutil. Caranya Anda dapat menutup kutil menggunakan selotip selama kurang lebih  enam hari, kemudian rendam dalam air hangat. Selanjutnya kutil digosok secara perlahan dengan ampelas atau batu apung. Ulangi proses ini selama dua bulan. Cara ini bekerja dengan cara mengiritasi kutil dan memicu sistem imun tubuh untuk menyerang virus penyebab kutil. Walau biayanya murah dan peralatan yang dibutuhkan tidak banyak, keefektifan terapi selotip masih diperdebatkan dan perlu diteliti lebih jauh.





Related Posts

Cara Cepat Hilangkan Kutil
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.